Mari Bangun Pagi

Bangun

Bangun pagi, yaitu bangun sekitar pukul 4.30 a.m bagi sebagian orang adalah suatu keharusan, ada yang untuk beribadah maupun untuk bekerja. Untuk sebagian orang ini, bangun pagi tersebut dapat menjadi suatu kebiasaan. Jadi seperti tanpa beban dapat dilakukan dengan mudah setiap hari.


Meskipun nanti dalam tulisan ini banyak manfaat dari bangun pagi, namun untuk sebagian orang yang lain, misal untuk pekerja malam, karyawan karyawan sift malam , tidak ada alasan untuk berubah, terutama jika Anda senang dengan cara begadang  tersebut. Karena cara hidup begadang tidak memungkinkan untuk bangun pagi dalam keadaan segar.

Namun saya kasih sedikit saran, jika Anda menginginkan untuk menyapa dan menikmati hari baru yang indah, cobalah sedikit merobah gaya hidup seperti Batman tersebut menjadi alami. Yaitu tidur di waktu malam dan bekerja di waktu siang. Jadi Anda akan punya kesempatan untuk selalu menikmati pagi yang indah.
Ini beberapa nikmatnya bangun pagi

  1. Dapat menikmati matahari terbit. Orang orang yang bangun terlambat akan melewatkan prestasi terbesar dari alan, diulang dalam stereovision setiap hari yaitu mulai munculnya matahari. Orang yang bangun pagi punya kesempatan menyaksikan keindahan langit bagian timur saat perubahan warna dari gelap menuju terang, saat warna cemerlang mulai meresap ke langit, ketika alam mulai di cat dengan warna yang luar biasa. Ini dapat menjadi energi dan semangat seharian penuh.
  2. Dapat merasakan ketenangan. Tidak ada anak-anak berteriak-teriak, tidak ada bayi yang menangis, tidak ada suara mobil, tidak ada suara televisi. Pagi hari begitu damai, begitu tenang. Coba nikmati waktu yang damai  dan jangan lewatkan. Waktu itu untuk diriku sendiri. Memulai hari dengan suasana seperti itu bukankah sebuah anugrah yang luar biasa.
  3. Memulai hari dengan tersenyum. Ini lain ceritanya jika Anda bangun terlambat. Harus melompat dari tempat tidur, bergegas ke kamar mandi karena waktu yang sempit untuk harus segera sampai ke tempat kerja, sekolah atau kampus. Ini bukan awal yang baik bagi Anda. Mulailah memperbaiki ritual pagi yang baru, sehingga kepala dan otak sudah tegak segar saat mulai memasuki waktu sibuk.
  4. Punya waktu untuk menikmati sarapan. Memasukkan makanan pada pagi hari adalah penting untuk stamina sampai nanti waktu makan siang. Dan Anda akan punya banyak kesempatan untuk itu dengan bangun lebih awal. Makan sarapan sambil membaca buku dan minum kopi di pagi hari yang tenang sungguh lebih menyenangkan daripada scarfing sesuatu di dalam perjalanan untuk bekerja, atau di meja kerja Anda.
  5. Ada waktu untuk latihan atau olahraga ringan. Sedikit jogging maupun bersepeda akan membuat Anda lebih bugar dalam mengawali hari.
  6. Waktu yang tepat untuk memikirkan target ataupun rencana apa saja yang akan dilakukan selama seharian. Waktu bangun pagi adalah saat otak benar benar fress, pikiran baru. Dengan bangun lebih awal, Anda akan lebih punya waktu untuk merancang tindakan apa yang mesti Anda lakukan untuk mengegolkan tujuan.
  7. Penyembuhan alternatif untuk stroke ringan. Apakah Anda pernah dengar kalau berjalan pada rumput berembun di pagi hari merupakan alternatif untuk memulihkan kembali stroke ringan ? Ada pengalaman dari teman saya dan terbukti sekarang dia sudah kembali dapat bekerja sebagai bengkel setelah lama istirahat karena sebagian tubuhnya tidak dapat digerakkan. Dia sekarang selalu menyempatkan bangun sepagi mungkin untuk lebih banyak kesempatan jalan jalan di rumput berembun di pematang sawah sampai matahari terbit.
  8. Ritual pagi. Saya menyarankan untuk biasakan bangun pagi untuk dapat melakukan ritual rutin, sebagaimana berdo'a untuk keselamatan, berdo'a untuk dapat rejeki yang baik, kesehatan dan juga mensyukuri atas semua rahmat yang telah diberikan pada Anda dan keluarga. Bersyukur masih dapat bangun dan diberi kehidupan yang berharga.
Saya rasa cukup dulu. Masih banyak sebenarnya manfaat dari bangun awal di pagi hari, nanti tolong tambahkan sendiri. Di saat bangun pagi, gunakan semua energi untuk mengembangkan diri Anda. Untuk memperluas hati kepada orang lain, untuk mencapai pencerahan demi kepentingan semua makhluk, Kita akan memiliki pikiran baik terhadap orang lain, jauhkan marah atau berpikir buruk tentang orang lain, mari bermanfaat untuk orang lain sebanyak yang kita bisa.