Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

Imsomnia dipicu banyak hal, mulai dari stress, perilaku atau pola hidup yang tidak sehat, serta pengaturan waktu tidur yang tidak teratur.
Cara mengatasi insomnia:

Atur Waktu Tidur

Tips kesehatan mengatasi insomnia
Penyebab utama insomnia adalah pengaturan waktu tidur. Sering begadang lewat larut malam dan tidur siang dengan jam berlebihan akan mengacaukan waktu tidur. Sebaiknya Anda tidak tidur siang atau ambilah tidur siang tidak lebih dari setengah jam.


Usahakan jangan sering begadang lewat tengah malam. Begadang yang dibiasakan akan mendorong syaraf terbiasa tidak tidur dan ini memicu susah tidur atau insomnia. Sering begadang juga dapat mendorong munculnya  banyak penyakit badan. Paling ringan adalah masuk angin.

Cara lain agar dapat mudah mendapatkan tidur, lebih lebih tidur yang berkualitas dan nyenyak, saat malam hari matikan lampu kamar. Tubuh kita akan lebih nyaman beristirahat di tempat yang hangat dan gelap.
Jika tidak cukup menyukai kegelapan, pasanglah lampu tidur atau lampu meja dengan watt kecil supaya menjaga ruangan agar tetap temaram. Suasana demikian akan membantu untuk cepat mengantuk.
Ada hal lain yang perlu diperhatikan. Yaitu usahakan pekerjaan dan masalah Anda seharian tadi selesai sebelum tidur, jangan biasakan menunda nunda selagi dapat membuat selesai hari itu juga. Hal sepele tersebut dapat menghindarkan Anda dari susah tidur karena cemas memikirkan pekerjaan. Hal hal sepele yang mengganggu kenyamanan otak jika bertumpuk akan membentuk gunung stress. Jadi selesaikan saja selagi mampu. Bebaskan pikiran dari hal hal yang mengganggu untuk mencapai tidur.

Coba ganti jam dinding dengan jam meja, agar Anda tidak melulu memperhatikan jam. Jika perlu, dengarkan  musik-musik  klasik atau lagu dengan lantunan pelan, supaya membantu Anda untuk lebih rileks sebelum tidur.

Konsumsi Makanan dan Minuman yang Tepat

Kafein sudah lama dikenal sebagai sahabat begadang, karena khasiatnya manjur untuk menangkal kantuk.
Jika Anda ingin sembuh dari insomnia  hindarilah makanan atau minuman yang mengandung kafein, seperti teh, kopi, coklat dan juga alkohol.
Sebagai gantinya coba minumlah susu hangat.

Banyak kali obat di apotik untuk mengatasi susah tidur ini, namun sebisa mungkin hindari obat obatan tanpa resep dokter. Meskipun obat tidur membantu, namun tidak baik untuk kesehatan jika kita sampai ketergantungan.

Sebelum berpisah sebentar, ini ada lirik lagu Bang Haji Rhoma Irama. Camkan dan hindari begadang karena itu benar memicu insomnia.

Begadang
By Rhoma Irama

Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya
Begadang boleh saja, kalau ada perlunya


Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya

Begadang boleh saja, kalau ada perlunya


Kalau terlalu banyak begadang

Muka pucat karena darah berkurang
Kalau sering kena angin malam
Segala penyakit akan mudah datang
Darilah itu sayangi badan
Jangan begadang setiap malam

Setelah Anda dapat disiplin tidur sesuai waktu yang dibutuhkan, perlu kemudian disiplin bangun pagi untuk mendapatkan hidup yang lebih fress.
Demikian shobat, dan semoga bermanfaat, Terima kasih. Tetaplaah di blog ini untuk membaca artikel yang lain.


No comments: