Asupan Nutrisi Penting untuk Ibu Hamil

Salah satu nutrisi penting untuk ibu hamil adalah asam folat. Kenapa ?

Asam folat berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh mulai dari sintesis DNA, memperbaiki DNA, metilasi DNA, sampai dengan berperan sebagai cofactor berbagai reaksi biologis yang membutuhkan folat. Asam folat terutama sekali penting dalam perkembangan dan pembelahan sel pada masa kehamilan dan pertumbuhan. Asam folat juga sangat diperlukan dalam proses produksi sel darah merah yang sehat,

Nutrisi Ibu Hamil


Kondisi kekurangan asam folat pada janin dapat mengakibatkan beberapa kondisi yang sangat serius seperti bayi yang lahir akan mengalami cacat bawaan lahir. Beberapa cacat bawaan lahir akibat kekurangan asupan asam folat diantaranya adalah :

- Cacat pada tabung syaraf.
- Cacat jantung bawaan.
- Bibir sumbing.
- Cacat lengan.
- Kelainan saluran urin.

 Kekurangan nutrisi asam folat juga dapat mengakibatkan beberapa kondisi diantaranya :

- Bayi lahir prematur
- Bobot bayi yang rendah
- Pertumbuhan janin yang lamban
- Aborsi spontan
- Gangguan plasenta dan hipertensi

Makanan Dengan Kandungan Asam Folat Tinggi

- Sayuran-sayuran berdaun hijau seperti bayam, asparagus, lobak, dan lain-lain
- Polong-polongan seperti buncis, kacang-kacangan, dan lentil
- Kuning telur
- Ragi roti
- Produk biji-bijian seperti pasta (termasuk mie instan), roti, dan sereal (termasuk sereal instan siap makan seperti oatmeal)
- Biji bunga matahari
- Makanan lain yang juga mengandung asam folat yaitu Buah dan jus buah tertentu seperti jus jeruk, jus nenas, belewah, melon, jus anggur, pisang, raspberry, dan strawberry. Juga sayur dan jus sayur tertentu seperti bit, jagung, jus tomat, brokoli, tauge, selada, dan sawi.

Asam folat juga terbukti mampu mengurangi kerusakan kromosom pada sperma sehingga sangat dianjurkan bagi para pria yang menginginkan keturunan atau anak. ( wah, ini.. ) Asam folat juga dibutuhkan untuk pria.

Pastikan beberapa makanan yang akan dikonsumsi oleh ibu hamil terutama yang dari hewani dipastikan benar-benar dimasak matang untuk menghindari adanya bakteri coliform, salmonella dan parasit toksiplasmosis yang dapat berbahaya bagi janin. Sedangkan jika ingin mengonsumsi lalapan sayuran atau salad mentah sebaiknya pastikan bahwa sayuran sudah dicuci bersih atau dapat dimasak setengah matang.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan oleh seorang ibu hamil adalah hentikan merokok jika seorang perokok. Hentikan penggunaan obat psikotropika, narkoba jika biasa memakai. Disamping itu, penuhi kebutuhan gizi dengan susu formula untuk ibu hamil juga perlu. Memperhatikan kesehatan bayi dalam kandungan / janin dan ibunya adalah utama.
Konsultasikan dengan dokter jika menemui kendala-kendala tertentu selama masa kehamilan.

Untuk ibu hamil yang perlu dipersiapkan juga adalah melancarkan air susu. Agar nanti bayi dapat terpenuhi kebutuhan berupa ASI dari ibunya. Karena bagaimanapun, ASI lebih utama dari susu bubuk formula yang tersedia di pasar. Untuk obat herbal melancarkan air susu bisa dibaca di melancarkan air susu ibu.

Demikian sedikit mengenai nutrisi penting untuk ibu hamil, selamat membaca dan semoga bermanfaat. Jika dalam membaca artikel tadi Anda merasa pegel pegel, baca manfaat pijat. Agar tetap kuat untuk baca artikel dari blog ini yang lain. Terima kasih.

No comments: