Pengalaman Senior Melatih Konsentrasi

meditasi dan konsentrasi
Ini ada cerita dari seorang senior yang lumayan sukses dalam bisnis dan pengelolaan rumah tangganya. Dalam kehidupan bermasyarakatpun disegani karena kelihaiannya dalam banyak menyelesaikan masalah lingkungan. Pernah saya tanya kepada beliau apa kunci dari keberhasilannya, jawabnya adalah "KONSENTRASI".

Menurut beliau, manusia berkenaan dengan konsentrasi ini berbeda satu sama lain. Kemampuan konsentrasi adalah anugrah  yang tiap orang level kepemilikannya berlainan. Ada beberapa orang yang memang dari dasar lahirnya sudah punya level tinggi dalam berkonsentrasi, ada yang level rendah. Beliau kemudian menjelaskan cara melatih dan menajamkan konsentrasi yang sering dilakukan. Jadi sebagaimana keahlian terhadap sesuatu, konsentrasi seseorang dapat dilatih dan ditinggikan levelnya.

Apa yang beliau lakukan untuk melatih konsentrasi ini adalah selalu merutinkan semacam i'tikaf pada awal malam yaitu setelah matahari terbenam. I'tikaf untuk arti sebenarnya adalah menetapkan dan berdiam diri di tempat ibadah, dalam hal ini masjid dalam posisi tertentu dengan niat mendekatkan diri kepada Sang Pencipta selama beberapa waktu.
Latihan Konsentrasi yang direkomendasikan senior saya tersebut adalah duduk bersila secara nyaman dalam ruangan temaram. Beliau taruh rosario atau tasbih berwarna putih di lantai berjarak 1,5 meter didepannya. Dalam melatih konsentrasi, beliau tatap rosario tersebut secara mata dan secara pikiran. Melatih konsentrasi semacam ini untuk tetap konsentrasi secara pandangan mata akan lebih mudah. Yang sulit adalah tetap mempertahankan konsentrasi secara pikiran tertuju pada rosario putih tersebut.
Secara pikiran tetap konsentrasi pada rosario. Inilah tujuan dari latihan konsentrasi yang beliau lakukan.

Beliau memberi rekomendasi untuk melatih konsentrasi rosario bagi pemula, jika dapat melalui 10 menit tetap mempertahankan konsentrasi pikiran seperti itu adalah istimewa. Untuk hari berikutnya ditingkatkan menjadi 15 menit, hingga tujuannya yaitu dapat melakukan konsentrasi rosario selama 30 menit setiap hari secara rutin. 

Kenapa beliau sering mengajarkan kepada setiap tamunya tehnik melatih konsentrasi ini berupa i'tikaf  di rumah semacam itu ?

Jawabnya ternyata sederhana. Cara melatih konsentrasi seperti ini adalah semisal cara meditasi kesadaran. Untuk meditasi kesadaran dan bagaimana mengesampingkan pikiran monyet silakan baca artikel Berlatih Meditasi. Melatih konsentrasi ini akan membawa kesejahteraan bagi keseluruhan hidup, bermanfaat bagi kesehatan mental, dan tentu saja menghilangkan stress. Baca dalam manajemen stress.

Senior ini mengatakan bahwa melatih konsentrasi rosario ini sulit bagi pemula, dan juga merupakan tantangan besar bagi sebagian manusia sibuk. Banyak yang mencoba untuk berlatih konsentrasi seperti diatas dan langsung tidak menyukainya. Ada yang berontak dari dalam karena tidak betah setelah beberapa lama duduk,ada yang baru menjalani beberapa hari dan meninggalkannya karena merasa tidak segera mendapat hasil positif. Senior mengatakan memang cara melatih konsentrasi ini tidak menyediakan hasil instan. Namun ini benar benar cocok bagi beliau dan saya telah melihat keberhasilannya.

Tehnik melatih konsentrasi yang diajarkan senior ini mampu membawa keuntungan jangka pendek dan juga jangka panjang, dan sungguh sepadan dengan perjuangan dalam melewati rintangan selama berlatih konsentrasi yang berat menurut pemula. Dan jika shobat pembaca ada yang mempunyai tehnik lain, semacam penemuan sendiri cara melatih konsentrasi, dapat Anda sampaikan di kolom komentar di bawah.
Konsentrasi dan fokus dalam suatu hal adalah kunci keberhasilan. Dengan selalu mengasah konsentrasi, dalam mengerjakan sesuatu kita akan lebih baik. 
Baca juga artikel:


No comments: