Obat Flu

Jika flu datang menyerang jangan berputus asa. Merasa benar benar tersiksa saat terserang flu adalah perasaan alamiah. Tubuh Anda akan terasa ngedrop pada titik paling bawah. Dalam keadaan seperti itu, nenek moyang kita akan mengoleskan minyak kamper di dada dan tenggorokan sehingga dari jauh sudah tercium bau penyakit. Beberapa hal ini adalah yang dapat Anda lakukan untuk menenangkan gejala gejala tersebut selain olesan minyak kamper tadi.

Demam
Datang bersama dengan flu adalah demam. Jika demam Anda masih dibawah 38 derajat C, biarkan saja. Ini akan merespon kekebalan tubuh untuk mengatasinya. Untuk demam yang tinggi sampai nyeri pada otot, dapat diberi obat seperti aspirin, acetaminophen atau ibuprofen. Jangan berikan aspirin pada anak anak aatau dibawah 18 tahun.

Dehidrasi karena demam
Dehidrasi merupakan kekurangan cairan yang dapat dihindari dengan minum banyak cairan bahkan saat Anda tidak memiliki nafsu makan.Untuk orang dewasa harus minum setidaknya delapan ons setiap dua jam. Dan untuk anak anak lebih mungkin mengalami dehidrasi, harus minum lebih banyak, yaitu setiap setengah jam. Hindari minuman beralkohol karena mungkin bercampur dengan obat yang Anda minum yang dapat mengakibatkan dehidrasi lebih lanjut.

Mampet pada hidung
Lawan hidung mampet dengan menambah kelembaban udara dan minum air hangat. Buatlah teh hangat dan sup ayam panas untuk mengencerkan lendir di hidung sehingga akan mengurangi hidung mampet.

Sakit tenggorokan
Saat flu sampai terasa sakit di tenggorokan, berkumurlah dengan air garam. Air garam akan membuat lebih lega pada tenggorokan Larutkan garam secukupnya pada setengah gelas air hangat untuk berkumur. Atau dapat juga dengan menghirup pelega tenggorokan.

Hentikan merokok
Bagi perokok yang terjangkit flu, segera hentikan kebiasaan merokok. Dan bagi yang tidak perokok, hindari perokok atau terkena asap rokok. Virus flu mengiritasi jaringan dan mereka berlomba melewati saluran pernafasan. Asap rokok tidak hanya mengganggu lebih lanjut, tetapi juga memperlambat respon kekebalan tubuh.

Muntah dan Diare
Pastikan Anda tidak mengalami dehidrasi. Minum minuman olah raga pengganti ion tubuh yang hilang juga bagus untuk mencegah dehidrasi ini.

Dapatkan istirahat yang cukup
Dapatkan istirahat dan jangan mencoba bangkit terlalu cepat. Tunggulah hingga demam, muntah maupun diarenya reda selama sehari.

Anda juga dapat menggunakan pengobatan alternatif seperti menggunakan bawang putih, ataupun buah buahan yang mengandung banyak vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. - Posted on Obat Flu

No comments: