Diet rendah Karbohidrat

Dalam waktu ini masalah bentuk tubuh dan kesehatan sangat diperhatikan , dan dalam iklan iklan di web Anda sering menjumpai banyak diet yang lagi populer. Diet rendah karbohidrat, seperti diet Atkins atau diet ketogenik yang dulu kurang diperhatikan, sekarang mulai banyak yang menyukai. Tapi apa sebenarnya yang terjadi di dalam tubuh saat Anda menghilangkan karbohidrat?

Tubuh manusia adalah sesuatu yang luar biasa. Satu kecanggihanya adalah kemampuan tubuh kita untuk mengubah lemak maupun molekul protein menjadi karbohidrat melalui proses yang disebut "glukoneogenesis". Melalui cara ini, tubuh kita dapat menarik lemak langsung dari cadangan lemak. Dan juga kemampuan tubuh dalam  menarik protein dari otot-otot, keduanya untuk dijadikan energi.

Bagaimana bisa seseorang bahkan bisa hidup tanpa karbohidrat ? Kita dapat bertahan hidup, dan bahkan menjadi sehat, tanpa karbohidrat. Pikirkan, nenek moyang paleolitik , mereka menjelajah padang sabana dan woody trails sepanjang hari dengan berburu antelop atau rusa untuk makanan. Mereka tidak memiliki akses ke tempat tempat kaya gula atau roti tepung. Sebaliknya, mereka hanya memburu binatang dan mereka panggang  untuk keluarga, bersama dengan buah-buahan atau kacang yang dapat mereka kumpulkan.

Ini " pencari nafkah " cara primitif yang cukup efisien dalam menggunakan asam lemak sebagai sumber bahan bakar, sebagai sumber tenaga. Kurang lebihnya seperti inilah salah satu manfaat yang diinginkan dari diet rendah karbohidrat. Padat dalam energi, asam lemak ini lebih dari sumber yang memadai sebagai bahan bakar semacam karbohidrat yang dihasilkan melalui glukoneogenesis. Bahkan pelari maraton yang kurus memiliki toko-toko cukup lemak untuk menjalankan beberapa maraton kembali berikutnya ! Namun , studi baru mengenai atlet dan diet rendah karbohidrat\ menunjukkan bahwa mungkin dapat mengganggu fungsi tiroid , jadi ini perlu diingat jika Anda seorang pelari maraton atau triatlon. Namun, tetap masih dapat unggul dalam prestasi atheletic meski sedang menjalani diet rendah karbohidrat, sebagaimana nenek moyang telah membuktikan.

Ini yang perlu diperhatikan.
Masalah dengan diet rendah karbohidrat adalah bahwa organ lapar energi, sebagaimana otak, tidak bisa mengoksidasi asam lemak menjadi sumber bahan bakar. Selain itu, tubuh manusia tidak dapat mensintesis karbohidrat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan otak. Bagaimana menyiasati hal ini ? Jawabannya adalah melalui produksi badan keton sebagai sumber energi setelah 24-72 jam . Ketosis mengacu pada saat hati mulai memproduksi badan keton untuk bahan bakar. Berada dalam kondisi ketosis inilah hal penting dalam diet rendah karbohidrat, karena individu ketogenik harus lebih mahir meng-oksidasi lemak daripada individu pada diet pada umumnya. Harap dicatat bahwa ketosis tidak harus mengkuatirkan dengan ketoasidosis, yaitu kondisi berbahaya dipicu oleh terlalu banyak badan keton pada individu diabetes .

Jadi bagaimana diet rendah karbohidrat membantu menurunkan berat badan ? Sebagai tambahan untuk mengubah tubuh Anda menjadi mesin pembakaran lemak, Anda mungkin akan mulai menjadi lebih banyak insulin sensitif. Insulin merupakan hormon anabolik yang berhubungan dengan gula darah, yang berarti bahwa itu membantu membangun hal-hal penting seperti protein. Menjadi hormon anabolik, insulin membantu mengedarkan gula ke sel untuk energi , protein ke dalam sel otot untuk massa otot , atau lemak ke dalam sel lemak. Selain itu , insulin juga berhubungan dengan hormon leptin dan ghrelin , dua hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur rasa lapar Anda. Resistensi insulin adalah penyebab utama untuk diabetes tipe 2 , dan merupakan faktor utama dalam kenaikan berat badan . Meningkatkan sensitivitas insulin berarti bahwa sedikit gula akan membuat Anda merasa seperti kenyang, makan kurang dalam jangka panjang .

Jika ada masalah dalam tubuh Anda saat diet rendah karbohidrat. Pertama , konsultasikan dengan dokter Anda, ada baiknya lakukan sebelum memulai diet baru . Meskipun banyak dokter yang tidak berpengalaman di soal ketosis ini. Jika Anda menderita diabetes, tinggalkan saja dari cara diet ketogenik ini untuk mengurangi risiko ketoasidosis . Kedua , pastikan Anda makan cukup sayuran non tepung ( brokoli , bayam , asparagus ) , dan lemak sehat ( minyak zaitun mentah , ikan air dingin ). Sayuran akan membantu Anda memenuhi asupan serat, karen ini biasanya merupakan masalah utama dengan diet rendah karbohidrat. Dan nanti pada akhirnya, Anda ingin memastikan untuk membatasi konsumsi protein untuk menghindari ketidakseimbangan nitrogen.

Minggu pertama ketosis adalah keadaan yang paling sulit, karena kita mulai mengalami " keto flu ", yang ditandai dengan kelesuan dan kelelahan saat tubuh mulai beradaptasi dengan membakar lemak lebih efisien menjadi karbohidrat . Bertahanlah, dan Anda akan jadi bintang ketogenik !

* Wuih...Namun tidak cocok untuk vegetarian..* - Nutrisi Sehat post on Diet Rendah Karbohidrat

2 comments:

sephia said...

Dah kurus, anti diet, hahahahaha

Kholis said...

Samtimen mi ayam kie