Menghilangkan ketombe

Menghilangkan ketombe - Apa sih ketombe itu ? Ketombe sebenarnya adalah pengelupasan kulit kepala yang mati. Pengelupasan kulit kepala merupakan hal yang wajar dalam jumlah yang normal, namun ada model produk ketombe ini secara besar dan terus menerus, sampai berakibat kulit kepala menjadi merah karena iritasi. Ketombe dapat juga dari gejala adanya infeksi jamur dan adanya kutu rambut.


menghilangkan-ketombe

Pengelupasan kulit kepala seharusnya menjadi hal yang wajar terjadi karena pertumbuhan kulit kepala. Adalah kondisi tertentu yang menyebabkan pergantian ini terlalu cepat. Pada orang berketombe, siklus pergantian ini bisa mencapai 1 minggu sekali, sedang untuk normalnya kira kira 1 bulan sekali. Dengan cepatnya pengelupasan tersebut, hasilnya sel sel kulit mati yang terlepas akan menumpuk banyak yang nampak sebagai serpihan serpihan putih kecil. Untuk jaman sekarang telah banyak shampo anti ketombe. Bagaimana untuk Herbal Medicine ( dalam makna luas, beberapa mineral dapat digolongkan dalam Herbal Medicine ) yang dilakukan orang kuno dalam menghilangkan ketombe ?

Begini caranya :

Ambil tiga sendok makan garam dapur dan  siapkan air dingin secukupnya dalam piring makan. 
Larutkan garam dapur dalam air dingin tersebut. 
Setelah garam benar benar larut dalam air, celupkan telapak tangan dan usap usapkan pada kulit kepala secara merata. 
Gosok gosokkan beberapa saat. 
Tunggu kurang lebih 12 menit agar larutan tadi meresap ke pori pori. 
Setelah di rasa cukup, keramaslah seperti biasa untuk membersihkan rambut dan kepala Anda. 
Lakukan hal seperti ini dua kali dalam seminggu. 
Jika dapat istiqomah seperti itu, kulit kepala akan terbebas dari  ketombe.

Semoga mempraktekkan cara herbal yang sangat murah tersebut manjur lagi cocok untuk Anda yang berketombe, karena sekeren kerennya orang kalau berketombe tetap berkurang juga nilai kerennya. Apalagi kulit kepala berketombe biasanya juga disertai dengan serangan kutu rambut atau tumo. Sangat mungkin bikin stress.

Untuk beberapa kasus, ketombe juga dapat disebabkan karena nutrisi yang kurang. khususnya karena kekurangan mineral seng. Menu makanan yang banyak ditemukan kandungan zat seng adalah kerang kerangan, kacang kacangan dan ayam kalkun. Dalam masa penyembuhan atau penghilangan ketombe, seringlah mengkonsumsi makanan makanan tersebut untuk memenuhi kebutuhan seng dalam tubuh.

Untuk menjaga kesehatan kulit kepala, pilihlah pembersih rambut yang sesuai dengan kondisi rambut. Hindari sering gonta-ganti merk shampo untuk menghindari iritasi pada kulit kepala. Saat rambut masih basah jangan terburu buru untuk menutup dengan topi ataupun jilbab. Beri kesempatan pada kulit dan rambut untuk menikmati angin beberapa waktu. Rambut yang masih basah dan dipep dengan penutup kepala juga mengganggu kesehatan rambut dan kulit kepala yang bisa jadi sampai terkelupas menjadi ketombe. 

Bagi Anda yang mengalami kebanyakan ketombe, janganlah digaruk, karena dapat melukai kulit kepala dan menyebabkan infeksi yang mungkin lebih parah. Rajinlan membersihkan rambut dan kulit kepala untuk mengurangi menumpuknya pengelupasan kulit tersebut sehingga jelas Anda tampak berketombe. Rawat dengan lembut kulit kepala dan rambut Anda karena itu adalah mahkota. Semoga bermanfaat - kabarmanuk post on Menghilangkan Ketombe

Referensi : Wikipedia

No comments: