Jalan Untuk Awet Muda

Tips kesehatan - awet muda
Ini bukan tentang krim penghilang kerut, operasi plastik, pasang susuk maupun suntikan untuk membuat Anda terlihat lebih muda. Ini tentang memiliki sikap mental positif, aktif secara fisik dan memiliki kehidupan berkualitas tinggi.

Seberapa berkualitaskah hidup Anda ? .

Banyak dari study yang menunjukkan bahwa pilihan gaya hidup seperti berolahraga dan diet mempunyai peran penting dalam awet muda dan umur panjang. Ada juga yang menghubungkan "sikap positif" dan "optimis" dengan umur panjang.
Contoh satu study menemukan bahwa wanita yang optimis punya kemungkinan 30% lebih kecil meninggal karena penyakit jantung, daripada wanita yang pesimis. Study lain menemukan "sikap pesimis" punya kecenderungan lemah dalam daya tahan.
Sikap optimis dan pesimis jaraknya dekat sekali bergumul dalam psikis manusia, kita tinggal membiasakan dan melatih diri untuk mengelola mereka.

Ingin hidup lebih lama dan tetap awet muda ? Berikut adalah beberapa cara untuk  itu.
  • Kembangkan sikap "mental positif". Anda harus selalu mempunyai tujuan dan berharap untuk masa depan. Berapapun usia Anda.
  • Beri waktu fisik dan psikis untuk istirahat. Stress dapat menyebabkan perubahan fisik yang mempercepat penuaan. 60 sampai 90 persen kunjungan dokter setiap tahun berkaitan dengan kecemasan, depresi, insomnia, tekanan darah tinggi, serangan jantung. Semua masalah ini disebabkan oleh stress. Cobalah untuk disiplin tidur dalam sehari semalam sesuai waktu yang Anda butuhkan.
  • Meditasi. Sebuah studi 2005 yang dilakukan di Massachusetts General Hospital di Boston menunjukkan bahwa, meditasi membantu mencegah perubahan berhubungan dengan usia pada otak. Dr Benson menyebut "Respon Relaksasi". Respon Relaksasi merupakan Tehnik meditasi yang melibatkan pengulangan kata, mantra, maupun do'a. Dilakukan sedikitnya 10 menit sehari.
  • Mengkonsumsi lebih banyak lemak. Omega-3 asam lemak. banyak ditemukan dalam ikan salmon, kenari dan biji. Asam lemak ini dapat membantu menstabilkan suasana hati, mempertahankan kekuatan tulang dan membantu mencegah tanda tanda penuaan dengan mengurangi peradangan dalam tubuh.
  • Olahraga otot sekedarnya. Kegiatan olahraga disamping menguatkan tulang, juga dapat meningkatkan mood. Cobalah 20 menit dalam seminggu. Jogging, Bersepeda ataupun berenang. Atau apapun olahraga yang Anda minati. Olah raga akan melancarkan peredaran darah keseluruh tubuh, memperbaiki stamina, menguatkan jantung, membuang stress dan manfaat baik lainnya.
Yang paling menonjol dari kelima poin diatas adalah perlunya  membiasakan untuk memelihara mental positif. Selalu melihat dunia ini penuh harapan berapapun usia kita, tetap memiliki sikap optimis seberat apapun masalah yang kita dihadapi dan mulai membiasakan membuang yang namanya "keputus-asaan". Karena ternyata cara mengelola mental inilah yang membedakan antara sukses dan gagal, merdeka dan tertekan, fress dan stress. Dan lain lain dua mental yang saling bertolak belakang dan ada dalam satu psikis.

Jalan untuk awet mudaa dalam artikel diatas hanya sebagaian kecil saja. Masih banyak faktor secara psikis dan dhohir yang mempengaruhi. Nanti ditambah beberapa angka namun dilanjutkan dalam postingan berikutnya. Diantaranya "fall in love". Ternyata jatuh cinta dapat membuat Kita lebih awet muda
Terima kasih atas ampirannya dan semoga bermanfaaat.

No comments: