Seks Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

memperbaiki kualitas tidur
Mungkin kita pernah mendengar bahwa istirahat yang paling baik adalah tidur. Lalu pertanyaannya, seberapa baikkah kualitas tidur Anda ?
Untuk memperbaiki kualitas tidur, ada yang memberi tips untuk memakai sandal kesehatan beberapa jam sehari. Ini sama dengan berjalan tanpa alas di jalanan berbatu.

Ada beberapa tips dari yang saya baca tadi untuk memperbaiki kualitas dari tidur Anda. Check it out..

  1. Mandilah air hangat. Setelah itu cobalah berbaring, dapatkan perasaan mengantuk. Cara tidur dengan perasaan nyaman seperti itu akan memperbaiki kualitas tidur.
  2. Mengganti bantal Anda. Gunakan bantal yang menurut Anda nyaman. Mungkin butuh bantal berbeda untuk saat tidur telentang dan menyamping. Jangan biarkan bantal sampai kotor maupun kumal. Cuci atau jemur untuk bantal kapuk bila perlu. Memakai bantal yang kotor dan kumal dapat membuat Anda sakit kepala saat bangun. Entah itu ada hubungannya atau tidak antara bantal kumal dan sakit kepala, namun begitulah yang dinasehatkan para orang tua di daerah saya.
  3. Seks sebelum tidur. Khusus bagi yang suami dan istri. Kalau dilakukan yang bukan suami / istri, jelas malah dapat menimbulkan stress dan was was dalam tidur setelahnya. Tidur dalam suasana stress bukan memperbaiki kualitas tidur, namun sebaliknya. Camkan !
  4. Minimalkan cahaya. Buat tidur Anda nyaman dengan mematikan lampu. Cahaya mungkin dapat mengganggu tidur, ini juga termasuk lampu LCD dari TV maupun laptop. Kalau Anda tidak dapat tidur bergelap-gelapan, cukup nyalakan lampu meja atau lampu dinding yang kecil saja. Lampu temaram lebih memberikan kualitas bagi tidur daripada nyala lampu terang benderang.
  5. Mengatur jarak olahraga dengan tidur. Aturlah jarak olahraga paling tidak tiga jam sebelum waktu tidur. Ini perlu diperhatikan bagi yang hoby futsal sampai jam 12 malam.
  6. Buatlah jadwal tidur. Atur jadwal mulai tidur dan bahkan jadwal jam bangun. Ini akan membuat tubuh mengetahui rutinitas dari saat tidur dan kapan saat bangun. Membuat tubuh paham akan rutinitas tidur tersebut akan membantu mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.
Itulah beberapa tips untuk memperbaiki kualitas tidur. Namun bagaimana jika suatu ketika kesulitan untuk tidur padahal merasa kurang tidur. Jika demikian tak perlulah memaksakan diri untuk tidur sedemikian rupa, hal itu hanya akan menambah perasaan tertekan. Cobalah untuk relaksasi dengan mendengarkan musik slow, jazz maupun bersantai diluar kamar tidur. Buat tubuh Anda senyaman mungkin.

Jangan menkonsumsi pil tidur kecuali keadaan memang mengharuskan. Beri kesempatan tubuh untuk memahami kebutuhannya secara alamiah. Pil tidur bila salah terap dapat berefek ketergantungan. Seperti tetangga saya dulu harus menelan pil tidur bila menginginkan tidur. Dia butuh terapi berbulan bulan untuk melepaskan diri dari ketergantungan obat tidur tersebut.

Dengan tips tips tadi semoga mulai hari ini Anda mendapatkan tidur yang lebih berkualitas, sehingga saat bangun tubuh menjadi siap untuk melakukan aktifitas yang juga berkualitas. Baca juga artikel tips kesehatan yang lain dari blog ini, terima kasih dan harapan dapat memberi manfaat.

No comments: