Manfaat Minum Kopi

Ada beberapa manfaat dari ngopi yang tiap pagi atau malam kita biasa nikmati. Itu dengan catatan cara konsumsinya ideal atau sewajarnya. Karena apapun kalau berlebihan bukan manfaat yang kita dapat, namun resiko atau penyakit.
Resiko dari kebanyakan minum kopi diantaranya adalah tekanan darah tinggi atau hypertensi yang dapat berujung stroke. Resiko lain konsumsi kopi adalah insomnia atau susah tidur di waktu ideal yaitu malam hari. Maka bijaklah dalam konsumsi kopi.

Ini diantara manfaat dari ngopi itu.
  1. Mungkin baik bagi Hati atau Liver Anda. Sejumlah penelitian menemukan bahwa kafein yang terdapat dalam kopi membantu Liver menjaga kesehatannya sendiri. Mengkonsumsi kopi secara teratur dapat mengurangi resiko gagal hati dan bahkan kanker. Dan dalam catatannya, manfaat ini tidak meluas pada minuman ber-kafein lain semisal segelas teh.
  2. Dapat mengurangi depresi maupun stress. Dalam penelitian juga menemukan secangkir kopi setiap hari dapat menurunkan 10% tingkat depresi. Dan anehnya, manfaat kesehatan yang sama tidak pula ditemukan dalam minuman ber-kafein lain yaitu cola. Untuk itu peneliti menyarankan kopi.
  3. Dopping bagi atlit dan ilegal.  Ini bukan rahasia lagi. Atlit dan pelatih dapat mengkonsumsi kopi untuk meningkatkan kinerja atlit sebelum kompetisi. Kafein terbukti meningkatkan asam lemak dalam aliran darah yang memungkinkan orang untuk terus gerak lagi. Peneliti menyarankan 2 cangkir kopi sebelum bertanding adalah ukuran yang pas untuk memompa stamina saat bertanding.
  4. Dapat menurunkan resiko diabetes. Mengkonsumsi tiga cangkir kopi sehari menurunkan resiko sebesar 25% terkena diabetes tipe II. Perlu dicatat laporan itu dipublikasikan oleh peneliti sepihak soal kopi.
  5. Menurunkan resiko parkinson. Beberapa study telah melaporkan bahwa konsumsi kopi dapat menurunkan sampai 60% terkena resiko parkinson. Seorang ahli syaraf mengemukakan teori bahwa semakin tua metabolisme di otak menurun, dan  protein menyebabkan kemacetan. Stimulan dorongan dari kopi dapat memetabolisme semua protein yang tersedia.
Masih ada beberapa angka lagi dari manfaat konsumsi kopi, namun jeda dulu dan dilanjut postingan mendatang. Semoga masih ada kesempatan,dan selamat minum kopi..

No comments: