Melancarkan Air Susu Ibu


melancarkan air susu
Kembali kepada herbal medicine, bagaimana untuk melancarkan air susu ibu saat baru saja melahirkan ? Seorang ibu habis melahirkan , tidak selamanya dapat mengeluarkan air susu dengan lancar. Ada kalanya tersendat sendat, atau bahkan tidak keluar sama sekali. Dalam keadaan seperti ini, ada obat herbal warisan leluhur untuk melancarkannya. Dan tanaman obat herbal yang digunakan adalah daun pepaya.

Sebelum kita lanjutkan dulu,  ketika SD ada pertanyaan begini. Tali apa yang paling panjang di dunia . Jawabannya adalah TALI BEHA. kenapa begitu ? karena saking panjangnya hingga dapat menjangkau dua gunung sekaligus. Hehehe <~ hanya selingan.

Bagaimana jika ASI tidak lancar ? bagaimana melancarkan air susu ibu hamil ? bagaimana melancarkan air susu ibu setelah melahirkan ? Untuk kejadian seperti ini di jaman dulu harus segera dicari solusinya. Orang dahulu akan mencarikan ibu untuk menyusui sebagai pengganti ibu kandung agar bayinya tetap terpenuhi kebutuhannya. Atau mereka menggunakan ramuan obat herbal buatan sendiri dengan bahan bahan yang mudah didapat dan terbukti manjur sehingga dituturkan ke anak cucu.

Caranya lumayan mudah, yaitu seperti berikut.
Ambil daun pepaya secukupnya. Boleh sebanyak mungkin tergantung selera nanti.
Daun pepaya ini dibuang tulangnya yang kasar hingga tinggal daun hijaunya saja.
Cuci hingga bersih
Masak dalam air mendidih hingga beberapa lama
Dinginkan
Peras airnya hingga berbentuk kepalan
Inilah yang disebut kulup daun pepaya.
Kulup daun pepaya ini dapat dimakan secara langsung, dapat juga ditambah parutan kelapa dan bumbu urapan untuk selera.
Makan kulupan daun pepaya tersebut secara rutin.

Air susu ibu ini teramat penting bagi anak sebelum dapat mencerna makanan padat. Apabila keluarnya air susu ini tersendat maka bayi harus dicarikan air susu dari ibu pengganti atau diganti dengan susu formula khusus untuk bayi yang sekarang ini mudah sekali untuk didapat. 
Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan keluarnya air susu ini terganggu diantaranya adalah nutrisi makanan yang dikonsumsi sang ibu, keadaan pikiran stress, kurangnya istirahat, penggunaan alat kontrasepsi, perawatan payudara, umur kandungan saat melahirkan dan juga faktor obat obatan.

Air susu ibu yang sehat dan lancar praktis diperlukan dalam pertumbuhan bayi, bukan susu produksi pabrik. Namun karena propaganda iklan dari pabrik susu kaleng dalam setiap media kita, opini masyarakat jadi berubah untuk lebih mementingkan memilihkan bayi susu kaleng yang mahal dalam pertumbuhannya. Utamakan untuk memberi air susu ibu kepada bayi , dan susu kaleng meskipun dalam iklannya mengandung ini itu yang sangat berguna bagi bayi, jadikan pilihan selanjutnya. Air susu ibu tetap yang utama.

1. Praktis

Bukankah air susu ibu lebih praktis, dapat dibawa kemana mana. Tanpa mendidihkan air terlebih dahulu untuk menyajikannya. Jadi dimana bayi bersama ibunnya, disitu pula minumannya. Tidak perlu memperhatikan kapan kadaluwarsanya minuman susu tersebut. Tidak seperti susu kaleng, sebelumnya Anda mesti memasak botolnya dulu untuk menjaga higenis botol, memperhatikan tanggal di kaleng susu tersebut kapan kadaluwarsa dan sejak kapan tutup kaleng dibuka. Setelah berada dalam botolpun harus habis beberapa waktu setelah pencampuran dengan air.

2. Mendekatkan Ibu dan Bayinya

Dengan minum air susu ibu, bayi dan sang Ibu lebih dekat secara individu dan kejiwaan. Taruhlah Anda bilang itu bukan jaminan, namun dengan bayi menyusu pada Ibunya akan menguatkan ikatan batin mereka. Dan hal itu adalah benar karena teman saya yang sedari kecil dikasih minum susu kaleng dia bilang sendiri kalau dia itu anak sapi. Meskipun itu hanya sebuah gurauan.

3. Menyehatkan dan mempercantik Sang Ibu

Dalam banyak study, seorang ibu yang menyusui akan lebih sehat, payudara lebih sehat tidak mengkal karena air susu dapat lancar keluar. Darah yang dikeluarkan setelah melahirkan (nifas ) juga dapat berkurang volumenya daripada yang tidak menyusui.
Menyusui setelah melahirkan juga akan mempercepat pemulihan kepadatan tulang , mencegah osteoporosis atau tulang keropos, mengurangi resiko terkena kanker indung telur dan kanker payudara setelah masa senja. Perut yang kendor lebih cepat kembali seperti semula. Demikian juga menumpuknya lemak akan berkurang selama menyusui. Ini dapat sebagai diet alami mencegah meledaknya lemak sehabis melahirkan. Jadi dengan menyusui bayinya, seorang ibu tampak lebih cantik dan awet muda.

4. Bayi lebih sehat.

Air susu ibu adalah karunia Ilahi yang pas dan tepat untuk bayi dari mulai suhu, kesegaran, kandungan gizi serta rasanya. Ini akan mengikuti sesuai umur bayi dalam hal kandungan komposisinya. Air susu ibu aman bagi bayi dan pastinya bebas bakteri jahat, mengalirkan antibodi Sang Ibu dalam menangkal penyakit. Dalam uji klinis, bayi yang pertumbuhannya bersama air susu ibu punya kecenderungan IQ lebih tinggi, lebih kuat mental dan percaya diri.

5. Hemat Biaya

Susu kaleng adalah susu sapi atau kedelai yang diproduksi pabrik dengan dibuat sepersis mungkin dengan komposisi air susu ibu. Tetangga saya dapat mengeluarkan biaya 400 ribu atau seharga 1 gram emas setiap bulannya dalam membeli susu untuk bayinya. Dan air susu ibu, adalah alami karunia Ilahi yang diproduksi seorang ibu setelah melahirkan. Sang Ibu cukup mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang saja dan air susu akan tetap lancar. Lebih menghemat pengeluaran biaya bulanan.

Begitulah keistimewaan dari pemberian air susu ibu pada bayi, lebih banyak kelebihan yang didapat bagi bayi dan ibunya daripada susu formula pasaran. Dan obat herbal seperti yang dikemukakan diatas adalah untuk mengatasi apabila air susu ibu tidak lancar.

Referensi : Wikiipedia

No comments: