Meditasi Peringan Stress

konsentrasi dan meditasi
Pemberitahuan kepada shobat kalau bulan Mei ini adalah bulan meditasi, jadi bulan ini adalah waktu yang tepat untuk memulai latihan meditasi jika belum melakukannya, atau dapat mencoba tehnik meditasi baru jika sudah biasa melakukannya.
Diingatkan kembali kalau meditasi akan membawa manfaat secara jangka pendek dan panjang dalam menetralisir stress, dan waktu ini adalah bulan yang pas untuk memulai latihan meditasi.

Shobat dapat membaca kembali hal hal mengenai meditasi dalam artikel berikut:
Secara garis besarnya ada 5 jenis dari meditasi. Ada jenis meditasi kesadaran, yang melatih kita untuk mencoba mengarahkan perhatian ke satu pikiran atau suara. Ada jenis meditasi mantra, yaitu jenis meditasi yang menggunakan frase kata kata yang diulang ulang sebagai pengikat untuk menjernihkan pikiran. Ada pula jenis meditasi kendali, meditasi dengan dipandu oleh seseorang secara langsung atau hanya secara audio.
Seorang senior memberikan tehnik cara melatih konsentrasi dengan menggunakan rosario, rutin dilakukan setiap habis matahari terbenam selama 30 menit. Cara tersebut dapat digolongkan dalam meditasi kesadaran yang memang banyak bermanfaat bagi kesehatan mental, kesuksesan dalam hidup dan mengurangi tekanan stress. Menurut Senior, melatih konsentrasi seperti yang dibagikan dapat meningkatkan disiplin bagi individu yang melakukannya. Latihannya merupakan ritual yang dirutinkan setiap matahari tenggelam selama 30 menit. Dan itu bukan hanya klaim, karena saya melihat kehidupan beliau cukup terpandang, sukses dan religius.
Latihan konsentrasi akan menguatkan kontrol untuk menghambat dan mematikan semua kebisingan dalam pikiran kita untuk konsentrasi dan fokus. Orang yang terbiasa mengontrol konsentrasi lebih dapat bertindak dalam kesadaran penuh dalam menyelesaikan setiap pekerjaan. Orang dengan kontrol konsentrasi yang baik lebih mampu menggunakan strategi solusi dalam mengatasi masalah pelik Manfaat lain dari latihan konsentrasi adalah kemampuan pikiran melakukan sebaliknya dari peningkatan efektifitas, yaitu menggeser untuk mengontrol pikiran menjadi santai dan relaks. 

Relaksasi harian diawal dan akhir hari akan bermanfaat dalam mencegah stress menumpuk. 
Berbaringlah dengan nyaman, pejamkan mata, tarik napas dalam dalam, tahan. Bayangkan Sobat berjalan di tempat yang damai, bolehlah membayangkan bersama pacar, ini untuk mendapatkan keadaan sesantai mungkin, lepaskan semua beban. Tahan adegan ini beberapa saat. Kemudian hembuskan napas perlahan lahan. Rasakan kenyamanan dan taruhlah semua beban, biarkan larut dibawa aliran napas keluar tubuh.

Dengan membaca segala hubungan dan kebaikan bermeditasi serta manfaatnya untuk mendorong pribadi kita, termasuk mengasah kemampuan pikiran untuk menyelesaikan banyak problem kehidupan modern, sangat bijaklah kita merutinkan latihan konsentrasi sebagaimana para master tersebut.
Dan dalam bulan Mei ini adalah waktu yang tepat untuk memulai bagi yang belum rutin bermeditasi, juga waktu tepat untuk mencoba melakukan meditasi tehnik baru bagi yang telah terbiasa.
Mari capai kesejahteraan hidup, kebijaksanaan, kekuatan kontrol pikiran, pelepasan dari stress, pertajam konsentrasi dan banyak manfaat lain.

Kabarkan pada saya pengalaman Anda mengenai meditasi tehnik baru yang cocok pada komentar dibawah.

No comments: