Obat Diare Herbal

Obat diare herbal

Jumpa kembali shobat, kali ini post Herbal Medicine lagi ya.. Minggu kemarin saya terkena Diare, hanya karena gara gara minum kopi dalam kemasan merk tidak terkenal, dua botol sekaligus. Hehehe. Obat diare yang saya minum saat itu adalah tiga jenis pil pahit dari Dokter tetangga, namun yang namanya tidak cocok, konsumsi pilnya dua hari sudah masukin ke kulkas, disimpan saja. Pahit.
Diiare dalam bahasa umumnya adalah mencret mencret. Dimana saat BAB ( Buang Air Besar ) yang keluar berubah menjadi lembek atau jadi cairan, dan terjadi paling sedikit tiga kali dalam sehari semalam. Penyakit diare  dapat menyebabkan kematian. Ada 2.6 juta orang meninggal setiap tahun karena penyakit diare ini. Jadi mengobati diare adalah keharusan karena dapat berakibat fatal.

Diare dapat disebabkan karena alergi, kelebihan vitamin C atau makan buah buahan tertentu, semisal mangga muda. Diare juga banyak yang disebabkan infeksi virus. Dalam kondisi dan lingkungan serta makanan yang bersih, pasien diare biasanya sembuh dari infeksi virus ini dalam beberapa hari atau paling lama satu minggu.

Obat diare sebenarnya banyak tersedia di warung warung dekat rumah, namun diantara obat diare tersebut ada berefek samping yang tidak diinginkan semisal menjadi sangat mengantuk , menjadi kurang nafsu makan karena tenggorokan berasa pahit dan menjadi berkurangnya pendengaran. Untuk itu dalam pemakaian obat diare pasaran ini, berhati hatilah.

Jika Anda menginginkan obat diare secara Herbal Medicine dan warisan leluhur, dapatlah membuat resep sendiri dari bahan bahan yang mudah di dapat. Tanpa efek samping dan banyak yang cocok.

Untuk membuat obat herbal ini, Caranya :

1 Buah sirsak atau nangka belanda, durian belanda, nongko londo yang sudah matang.
Kupas kulit dari buah sirsak tersebut dan buang bijinya.
Peras untuk ambil airnya.
Campur dengan 1 gelas air yang sudah dimasak.
Berikan susu kental manis secukupnya.
Aduk.
Minumlah 2 kali dalam sehari hingga sembuh.

Jika punya pekarangan kosong dan Anda bingung mau menanam apa disitu, pilihlah tanaman obat herbal ini. Pohon nangka belanda. Disamping gurih buahnya, bergizi, ada juga manfaat buat obat herbal. Lebih aman dan yang pastinya banyak yang suka.

Untuk perawatan penderita diare secara Herbal medicine dalam upaya mengganti banyak cairan tubuh yang hilang. Siapkan oralit buatan sendiri berikut ini

1 Gelas air yang sudah dimasak
2 sendok teh gula pasir
Setengah sendok teh garam
Dampur semua bahan, aduk lalu minum.
Untuk dewasa paling tidak 5 gelas dalam sehari. 
Resep perawatan ini diambil dari Wikipedia.

Ada juga obat herbal untuk menyembuhkan diare cara lain, dan sering dipraktekkan oleh tetangga saya. Cara berikut ini cukup mudah dengan tanaman obat herbal yang dipekarangan rumah saya tersedia.  Dengan ramuan sederhana seperti ini mungkin sudah cocok buat Anda jika terkena diare, yaitu :
cukup ambil daun jambu kluthuk atau jambu biji yang masih muda.
Daun jambu biji ini dapat langsung saja dikunyah, namun agar lebih berselera di lidah, dapat dicampur garam secukupnya.

Ternyata banyak sekali obat herbal ramuan leluhur dan telah kita lupakan. Itu karena jaman sekarang kita biasa dituntut praktis dan cepat tersaji. Namun apabila pekarangan Anda banyak tempat kosong untuk ditanami, pilihlah tanaman obat herbal apa saja untuk ditanam. Ini disamping membuat pekarangan hijau, juga sekalian melestarikan apotek hidup untuk dimanfaatkan sendiri maupun lingkungan.
Coba saja, hanya dengan menanam nangka belanda dan jambu biji, pekarangan Anda menjadi hijau, dan buahnya nanti dapat dipetik untuk dinikmati. Terlebih lagi seumpama tiba tiba terserang diare ditengah malam, tanpa persiapan obat generik, pil, atau kapsul buat diare tersebut. Anda dapat dengan mudah mempraktekkan ramuan tadi. Ramuan, obat herbal warisan yang diakui manjur.

Kita juga dapat menanam tumbuhan tumbuhan lain yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal. Dari obat batuk sampai obat anti ketombe. Banyak tanaman kecil tidak terlalu banyak memakan tempat namun sangat berguna. Seperti Jahe, Kencur, daun simbukan, bunga kumis kucing bahkan lidah buayapun dapat berguna untuk kesehatan. Dan beruntungnya tinggal di daerah tropis begini adalah tanaman tanaman tersebut mudah sekali tumbuh dan mudah merawatnya.
Meskipun jaman sekarang lebih disukai barang instan, seumpama minuman jahe. Jika kita ingin minum segelas jahe hangat sekarang sudah tersedia jahe wangi sucket, tinggal campur dengan segelas air hangat lalu seduh. Namun coba bandingkan rasanya dengan jahe asli, bagaimanapun juga rasanya akan lebih istimewa. Lagian, tak perlulah gengsi meskipun sudah jadi jutawan, tapi masih suka krusak krusuk dikebun cari tanaman jahe.

* - Kabarmanuk on Obat Diare

No comments: