Manfaat Pijat

Tips kesehatan - pijat
Pijat adalah aktifitas warisan leluhur untuk menghilangkan pegal pegal karena kecapekan. Namun ada beberapa manfaat yang mungkin kita tidak menyadarinya. Ini diantaranya :


1. Dapat menyembuhkan nyeri kronis.
Penderita nyeri kronis pada persendian ternyata merasa lebih baik setelah dipijat dengan metode khusus.


2. Dapat mengurangi efek samping dari kanker.
Para peneliti menemukan, para penderita kanker merasakan adanya perbaikan dalam hidupnya secara umum. Para pasien bisa tidur lebih baik dan merasa nyeri yang mereka rasakan lebih ringan. Terapi pijat untuk penderita kanker harus dilakukan oleh pemijat yang sudah ahli.

Pijat memperbaiki aliran darah sehingga pijatan lembut pada wajah akan membuatnya lebih sehat dan tampak muda. Pijat mampu melawan kulit kendur dan memperbaiki kulit kusam. Lakukan pijat sendiri dan sedikit menarik kearah luar kantung mata untuk mengurangi garis kantung mata. Pijat dan sedikit beri urutan tarik keluar pada lipatan garis senyum. Kemudian lakukan juga secara lembut pada kerutan kerutan dahi.

4. Membantu menyembuhkan migran.
Jika Anda sering terserang migran, mungkin pijat bisa dijadikan pilihan. Para peneliti menyatakan ada perbaikan pada penderita migran dan kwalitas tidur lebih baik setelah menerima terapi pijat beberapa minggu.

5. Meringankan nyeri setelah olah raga.
Terapi pijat mampu mengurangi peradangan otot yang didapat dari olahraga. Rasa nyeri pada otot akan berkurang dan terasa nyaman setelah pijat. Biasanya bagian otot yang nyeri berasa keras dan kaku. Pijat dapat melemaskan kembali otot dan melancarkan darah kembali.

6. Meringankan syndrom pramenstruasi (PMS).
PMS merupakan problem sebagian besar wanita tiap bulannya. Dan terapi pijat dapat meringankan gejalanya. Para peneliti menyatakan pijat mampu melawan perubahan mood, perut kembung, sakit kepala, penambahan berat badan dan gejala PMS lainnya.

7. Membuat fress kepala.
Pijat secara lembut kulit kepala, dan rasakan kenyamanannya sampai kepada pikiran. Cara ini sepertinya bisa sebagai pengganti meditasi. Pijat lembut pada area kepala ini juga dapat melancarkan peredaran darah untuk nutrisi rambut.

Pijat juga banyak digunakan ahli terapi untuk menyembuhkan pasiennya. Mereka mempelajari daerah daerah syaraf yang berhubungan dengan organ tubuh yang lain. Sakit gigi, sakit kepala, darah tinggi, darah rendah, gejala ginjal, syaraf, reumatik, dan lain lain dapat dikurangi bahkan disembuhkan lewat terapi pijat syaraf. Contoh, untuk meringankan sakit nyeri lambung atau mag lakukan pemijatan pada antara ibu jari dan jari telunjuk tangan kiri serta tangan kanan.
Contoh lain lakukan pemijatan pada punggung ( sejajar dengan pusar ) untuk mabuk kendaraan. Dan masih banyak lagi contoh.

Sebuah studi tahun 2004 di Memorial Sloan-Kettering Cancer Center, New York, menemukan bahwa pijat mampu mengurangi nyeri, mual, kelelahan, depresi, stress pada penderita penyakit berat.

Jadi demikianlah mengenai pijat. Kita dapat menggunakan pijat sesuai kebutuhan.  Terima kasih dan semoga bermanfaat. Jika ingin mengurangi lemak diperut baca cara mengurangi lemak di perut Anda yang buncit.

1 comment:

Culture Indonesia said...

beragam peralatan pijat sendiri bisa ditemukan disini :
http://tokomaksi.com/kesehatan_main