Berlatih Meditasi

meditasi
Secara garis besar ada lima jenis meditasi sebagai panduan untuk berlatih meditasi

1. Meditasi Kesadaran

Tujuan dari berlatih meditasi jenis ini adalah untuk bersantai dari apa yang disebut pikiran monyet. Perasaan gelisah yang terjadi di kepala sepanjang hari itulah pikiran monyet. Meditasi kesadaran berusaha mengarahkan perhatian ke satu pikiran atau suara, dapat berupa suara air yang menetes, suara yang diulang ulang ataupun suara nafas sendiri.
Lakukan selama 15 - 30 menit. Ini adalah cara yang bagus untuk relaksasi.


Salah satu meditasi kesadaran berguna adalah Meditasi Nafas Budhis. Tehniknya sederhana, Anda cukup mengatur nafas sesuai irama sebagai ikatan pikiran, Tarik nafas perlahan sesuai hitungan, tahan nafas sesuai hitungan, lalu keluarkan perlahan sesuai hitungan.

Cukup mengamati sensasi nafas masuk melalui hidung kemudian mengisi paru paru dan dilepaskan kembali lewat hidung. Ketika tiba tiba gagasan muncul di pikiran, cobalah kembali fokus dan  mengamati nafas Anda.

2. Meditasi Aktif

Meditasi Aktif melibatkan aktifitas fisik untuk membawa tubuh dan pikiran masuk kedalam kedamaian, ketenangan dan kejelasan. Seperti pergi berjalan jalan, berlatih yoga, menari atau hanya pergi keluar. Sama seperti Meditasi Kesadaran, kuncinya adalah menjernihkan pikiran dari mental sampah melalui latihan dan gerakan fisik sebagai pengikat pikiran.
Cukup focus pada gerakan tubuh dan aktifitas langsung di depan Anda. Dan jika pikiran monyet terus bermunculan, cobalah kembali fokus dan mengamati latihan dan aktifitas fisik Anda. Berlatih meditasi jenis ini sangat sesuai bagi penyuka aktifitas. Jadi apapun aktifitas termasuk pekerjaan dapat dikonversi menjadi media meditasi yang menenangkan.

3. Mantra / Afirmasi

Jenis berlatih meditasi yang menggunakan frase kata yang diulang ulang sebagai mengikat untuk menjernihkan pikiran. Cara seperti inilah yang paling populer disebut meditasi. Seperti sekumpulan orang duduk bersila dan mengucapkan frase frase atau nyanyian nyanyian diulang ulang secara stimulan.

Lakukan selama 15-30 menit. Apa yang  Anda gunakan sebagai mantra atau afiliasi sepenuhnya terserah. Gunakan mantra yang membuat Anda merasa nyaman.

4. Meditasi Jenis Wawasan

Meditasi Wawasan dirancang untuk mengeksplorasi dan fokus pada satu pemikiran dan perasaan. Sebelum memulai Meditasi Wawasan, perlu untuk memiliki pikiran yang sangat tenang. Mungkin berguna untuk memulai dengan mengatur nafas atau Meditasi Kesadaran untuk menenangkan Pikiran Monyet. Setelah pikiran santai dan tenang, baru mulai masuk ke Meditasi Wawasan.

Selanjutnya pemilihan topik. Bisa Cinta, Marah , Keadilan bahkan Kematian. Setelah memilih Topik, biarkan pikiran itu berjalan, jangan mencoba untuk mengontrol. Seumpama Anda memilih topik Cinta.
Kita mungkin akan memikirkan Keluarga, romantis, pasangan tua berpegangan tangan dll. Biarkan pikiran itu berlalu, jangan mencoba mengedit. Hanya mengeksplorasi apa itu Cinta dan apa artinya bagi Anda.

Meditasi wawasan sangat berguna untuk membersihkan mental sampah. Ini akan memaksa untuk menjelajah masa masa lalu yang terlupakan tapi masih sangat mempengaruhi pikiran bawah sadar.

5. Kendali

Ini meditasi dipandu oleh seseorang secara langsung maupun melalui audio, yang membawa melalui skenario atau bahkan mimpi.
Meditasi Kendali membiarkan imaginasi berjalan liar dan benar benar mengekplorasi mental dengan cara yang sangat aktif. Pikirkan Meditasi Kendali dipandu menonton film. Menakjubkan dimana Anda adalah Penulis, Sutradara dan Bintangnya.

Misalnya, dalam Meditasi Kendali Anda di pandu menemui orang orang besar untuk meminta saran, menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan. Itu hanya dibatasi oleh imaginasi.

Lakukan meditasi secara rutin untuk mengambil kebaikan dari alam. Anda dapat menerapkan satu dari lima jenis meditasi tersebut sesuai dengan kebutuhan. Berlatih meditasi paling mudah dalam nomor 1 dapat Anda rutinkan setiap hari untuk mendapatkan banyak manfaat. Hanya menyempatkan beberapa menit, tanpa pembimbing pemberi sugesti dan ketenangan serta energi positif dapat anda dapatkan. Berlatih meditasi sangat berguna untuk membebaskan diri dari penjajahan stress dan banyak manfaat lainnya.

Terima kasih telah membaca, Anda boleh melanjutkan ke manfaat minum kopi. Semoga bermanfaat.

No comments: