Terapi Stress Dengan Musik

terapi stress

Posting kembali, santai saja. Mungkinkah melakukan manajemen stress dengan cara mendengarkan music ? Kalau mungkin, artinya musik mempunyai kaitan dengan kesehatan. Ternyata banyak penelitian bahwa musik memiliki efek pada tubuh dan jiwa. Bahkan adalah suatu tempat yang menggunakan terapi musik sebagai cara pengobatan. Mereka menggunakan terapi musik untuk membantu pasien kanker, anak anak yang membutuhkan perhatian khusus dan lain lain.
 Bahkan rumah sakit mulai menggunakan terapi musik untuk membantu mengurangi nyeri, mengatasi depresi, mengurangi ketegangan otot dan banyak manfaat lain. Ini dikarenakan musik memang dapat mempengaruhi tubuh dan jiwa dengan kuat, menenangkan maupun mengobarkan semangat.

Bagaimana bisa musik menjadi manajemen stress ? Menurut penelitian, musik dapat membawa pengaruh pada gelombang otak. Dengan musik tempo cepat, akan membawa konsentrasi yang lebih tajam dan waspada dalam berpikir bagi pendengarnya, demikian pula musik dalam ketukan tempo lambat, dapat membawa perasaan tenamg. Selain itu , penelitian juga menemukan keadaan konsentrasi maupun tenang seperti itu punya efek jangka panjang, meski Anda telah berhenti mendengarkan.
Dengan dapat mempengaruhi perubahan gelombang otak, berpengaruh pulalah dalam fungsi tubuh lainnya. Yaitu perubahan pada pernapasan dan detak jantung. Ini dapat berarti, dengan mendengarkan musik yang sejuk, gelombang otak akan membawa perasaan menjadi tenang, pernapasan menjadi lambat, dan detak jantung menjadi santai. Cocok untuk relaksasi. Inilah sebabnya mengapa terapi musik dapat mencegah efek merusak dari stress berat.

Musik dengan konten yang benar juga dapat membawa pikiran menuju positif, menjaga dari depresi dan kecemasan, dan dapat pula membantu menjaga kreatifitas dan semangat pada tingkat yang lebih tinggi. Cara menejemen stress dengan musik ini juga murah, sesuai dengan kantong agak kosong. Hanya dengan player mp3, headset, serta banyaknya website musik digital download akan mempermudah mendapatkan terapi musik, kontrol emosi, emosi sosial dan manfaat lainnya.

Sebagai manajemen stress, disarankan memilih musik yang sesuai, cara memutarpun jangan dengan volume tinggi. buat senyaman mungkin. Relaks. Oh ya, saat ini menurut kabar adalah musim caleg stress karena tidak lolos ke legeslatif. Dapat mencoba terapi musik. Ini saya rekomendasikan lagu nasyid dari Edcoustic.



Lirik

Muhasabah Cinta
By ; Edcoustic

Wahai... Pemilik nyawaku
Betapa lemah diriku ini
Berat ujian dariMu
Kupasrahkan semua padaMu

Tuhan... Baru ku sadar
Indah nikmat sehat itu
Tak pandai aku bersyukur
Kini kuharapkan cintaMu

Reff. :
Kata-kata cinta terucap indah
Mengalir berzikir di kidung doaku
Sakit yang kurasa biar jadi penawar dosaku
Butir-butir cinta air mataku
Teringat semua yang Kau beri untukku
Ampuni khilaf dan salah selama ini
Ya ilahi....
Muhasabah cintaku...

Tuhan... Kuatkan aku
Lindungiku dari putus asa
Jika ku harus mati
Pertemukan aku denganMu


Menikmati musik dalam maksud untuk menetralkan tekanan pada pikiran harus dilakukan dengan benar. Kalau tidak dilakukan pada jalurnya, bukan terapi stress yang kita alami, namun menambah masalah itu sendiri di kemudian hari. Dalam menikmati musik sebagai terapi tidak benar jika didahului dengan minum minuman keras atau menenggak pil psikotropika terlarang terlebih dahulu seperti yang sekarang marak. Mengkonsumsi barang barang tersebut akan menambah beban stress Anda di kemudian hari.

Untuk lebih menenangkan hari hari Anda, coba saja secara rutin luangkan beberapa menit di sore hari untuk menikmati musik dengan tujuan relaksasi sebagai terapi. Anda cukup mempersiapkan player musik lengkap dengan headsetnya. Dengan duduk santai  dikursi malas coba nikmati musik yang daftar putarnya sudah Anda persiapkan terlebih dahulu. Pejamkan mata dan atar napas senyaman mungkin sebagaimana meditasi. 

Bagaimana ? saya berharap ada terapi stress yang cocok untuk saya dan Anda, karena lain orang lain pula cara terapinya. Jangan sampai stress harian tersebut menumpuk hingga jadi stress akut.
Untuk stress akut, diperlukan kelas khusus dengan tenaga ahli dalam mengatasinya. Kalau di daerah saya ada pesantren khusus orang stress akut. Disitu pasien dapat diberdayakan, bekerja seperti orang normal hingga pada akhirnya dapat terlepas dari stressnya. Kembali lagi mempunyai cinta.

Kabarmanuk dalam Terapi Stress Dengan Musik. Referensi : Wikipedia

No comments: