Proklamasi Kemerdekaan dari Penjajahan Stress

Stress Management
Sobat, kembali lagi saya post mengenai obat stress, untuk ingat kembali stress management agar hidup menjadi lebih nyaman, sehat dan semoga umur panjang. Stress yang berkelanjutan dapat berpengaruh pada kesehatan, bahkan kalau dibiarkan menumpuk bisa mempengaruhi kesehatan mental atau psikis, menyebabkan gangguan jiwa. Ada banyak cara mengelola stress, dan stress management menurut seorang ahli J.Hammarly cuma 3 point. Berikut ini 3 poin itu

1 - Katakanlah pada diri sendiri sesuatu yang positif

Memberikan sugesti pada diri sendiri dengan mengatakan hal positif. Ini harus dibiasakan. Semisal , ini hanya misal. Dikala hati gundah ditinggal kencan sang gebetan dengan sahabat sendiri. Shobat dapat mengatakan "Ahh..aku memang orang tak berguna" atau mengatakan " Ahh, jangankan dalam kehidupan, dalam bercintapun, aku kalah".
Bukankah kata kata tersebut akan membunuh semangat sendiri, mematikan optimis dalam menghadapi hidup. Hanya bikin stress dan merusak badan. Setelah membaca posting management stress berikut, ubahlah kata kata untuk diri sendiri tersebut dengan "Hai kau..silakan kau pergi dan meninggalkan, aku tetap semangat hidup dan akan aku dapatkan lebih baik." Atau Shobat dapat mengganti kata untuk diri sendiri pada hal yang positif. Kata kata tersebut hanya untuk diri sendiri, tak perlu diungkapkan. Cuma merubah kata negatif ke kata positif. Mudah kan ??

2 - Lakukan kesenangan positif

Ketika stress membuat Anda jatuh, merasa buruk, carilah kesenangan atau hobi Sobat yang sehat. Semisal sedikit bermain game, membaca novel maupun cerita pendek, bahkan bersepeda maupun jalan jalan sekalipun. Melakukan hal yang Kita sukai adalah cara alami mengobati stress. Hal hal sederhana juga dapat ditemukan meski kecil tersebut dapat sebagai obat. Meski hanya mengirimkan emot cium atau titik dua bintang pada pacar setiap pagi pada chating. Lakukan saja karena cara tersebut manjur juga dalam management stress.
Untuk meryantaikan pikiran penat selama seharian, ada baiknya lakukan hobi atau kesenangan setidaknya 15 menit dalam 1 hari, atau batasi sesuai kondisi karena berlebihan juga tidak baik.

3 - Penenangan Harian

Lakukan relaksasi harian, tenangkan pikiran bersama tubuh dari ketegangan. Taruhlah 15 menit diawal hari dan 15 menit menjelang tidur di malam hari dengan meditasi, atau yoga. Yoga dan meditasi memang perlu latihan rutin ataupun pelatihan. Namun manfaat dari relaksasi tersebut sangat besar.
Ini contoh meditasi yang mudah.
Berbaringlah dengan nyaman, pejamkan mata, tarik napas dalam dalam, tahan. Bayangkan Sobat berjalan di tempat yang damai, bolehlah membayangkan bersama pacar, ini untuk mendapatkan keadaan sesantai mungkin, lepaskan semua beban. Tahan adegan ini beberapa saat. Kemudian hembuskan napas perlahan lahan. Saat tarik dan hembus napas, rasakan napas tersebut. Lakukan secara rutin'

Lain J.Hammarly, lain pula resep management stress dari Roma Irama. Kalau menurut Bang Haji Rhoma Irama obat stress adalah iman dan taqwa serta mensyukuri apa adanya. Demikian ini lirik dari lagu Bang Haji dengan judul Stress'

Stress
By : Rhoma Irama

Stress... (stress...)
Kerap melanda manusia
Tak peduli miskin ataupun kaya
Banyak orang yang stress

Stress... (stress...)
Seakan tengah mewabah
Tak peduli tua ataupun muda
Banyak orang yang stress

Pertumbuhan penduduk semakin padat
Dan persaingan hidup semakin ketat
Dan kemajuan jaman semakin pesat
Akhirnya kebutuhan semakin meningkat

Bukan hanya persoalan kehidupan
Bukan hanya persoalan keuangan

Terlalu sibuk kerja bisa bikin stress
Nganggur terlalu lama juga bikin stress
Kekasih main gila, bisa, bisa stress
Kenakalan remaja bisa bikin stress

Lapangkan dada benahi masalah kepada Tuhan
Panjatkan doa, tawakkallah dan sabarlah

Stress... (stress...)
Obatnya iman dan taqwa
Serta mensyukuri apa adanya

Pasti tak akan stress


Demikian liric dari Bang Haji Rhoma Irama dan pemecahan masalahnya dalam mengobati stress.
Sobat budiman, setiap individu mempunyai kapasitas berbeda dalam menampung masalah hidup. Ada yang tahan banting hingga tertimpa masalah berat bertumpuk tumpuk dan silih berganti tetap tenang, ada yang baru kena satu masalah sudah teriak teriak stress. Kemampuan per individu tersebut adalah bawaan lahir, karunia illahi. Dan kuat dalam menghadapi serangan stress ini dapat dilatih, dirutinkan sebagaimana latihan dalam hal hal lain.
Dan diakhir kata, ada nukilan dari surah AlBaqoroh-287. " Artinya : “Allah tidak membebani seseorang kecuali sesuai dengan batas kemampuannya. Baginya ganjaran untuk apa yang diusahakannya, dan ia akan mendapat siksaan untuk apa yang diusahakannya.".
Semoga bermanfaat.

Reverensi www.heart.org

No comments: