Manfaat Latihan Konsentrasi

Meditasi dan konsentrasi
Kita mempunyai kehidupan yang sibuk dengan berbagai macam masalah, tekananan yang begitu konstan dari lingkungan, banyaknya informasi yang masuk kepada semua indera, kebisingan dan semua peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Pikiran akan mengambil semua info tersebut sehingga akan sibuk memilah dan memilih mana yang mesti didahulukan sementara ada sesuatu yang penting kudu diselesaikan. Dari semua itulah konsentrasi mutlak diperlukan.
Semakin pandai kita mengkonsentrasikan pikiran dalam mengerjakan sesuatu, semakin baik hasilnya. Untuk latihan konsentrasi Anda dapat baca di artikel Pengalaman Senior Melatih Konsentrasi.

Begitulah kehidupan, saat menerima berbagai informasi beraneka ragam, pikiran akan mengembangkan sendiri sehingga kita dapat benar benar gagal fokus dalam penyelesaian hal penting. Kurangnya kemampuan untuk mempertahankan  fokus dan konsentrasi dapat menjadi berbagai bentuk. Dan yang paling parah adalah BLANK.

Latihan konsentrasi akan menguatkan kontrol untuk menghambat dan mematikan semua kebisingan dalam pikiran kita untuk konsentrasi dan fokus. Orang yang terbiasa mengontrol konsentrasi lebih dapat bertindak dalam kesadaran penuh dalam menyelesaikan setiap pekerjaan. Orang dengan kontrol konsentrasi yang baik lebih mampu menggunakan strategi solusi dalam mengatasi masalah pelik.

Rahasia dari konsentrasi ini jelas, yaitu melatih mengorganisasi pikiran, meningkatkan kemampuan pikiran untuk memahami sesuatu lebih cepat dan  tepat serta dapat mengingat berbagai hal dengan lebih akurat. Tapi mungkinkan kemampuan kontrol konsentrasi ini dapat ditingkatkan kapasitasnya sehingga lebih tajam untuk fokus atau berkonsentrasi ?

Dalam sebuah studi menyebutkan mereka yang berlatih konsentrasi selama 3 bulan dalam bentuk meditasi, mereka ini meningkat tajam kemampuan dalam hal kontrol pikiran saat menghadapi masalah rumit. Psikolog menyebut kemampuan ini sebagai  "  field independence " karena menumbuhkan pondasi yang stabil dan membuat individu menjadi lebih mandiri dan merdeka dalam lingkungan fisik dan sosial.

Hasil latihan konsentrasi dapat mengembangkan kontrol pikiran untuk menggeser pikiran pikiran monyet menjadi fokus dan konsentrasi dalam keadaan yang diinginkan dalam jangka waktu panjang tanpa gangguan. Proses berpikir dapat ditingkatkan berlipat ganda dan fokus, menjadi pisau tajam menghadapi masalah. Melalui konsentrasi ini lebih mudah mengaktifkan pusat otak untuk menangkap informasi membangun ingatan.

Bukankah hal ini memiliki manfaat yang jelas dalam semua segi kehidupan, terutama dalam efektifitas saat diterapkan dalam lingkungan bisnis. Konsentrasi akan lebih mudah menerima masukan informasi dan memfokuskan pikiran pada hal yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek maupun tugas. Bagi individu yang sedang menghadapi gangguan konssentrasi semisal gundah karena diputus tunangan karena ngikut sama rival yang lebih mapan sandang pangan, latihan konsentrasi ini terbukti menjadi cara efektif membantu mengatasi kondisi seperti itu.

Kontrol pikiran ini tidak hanya bermanfaat dalam meningkatkan efektifitas dan kemampuan kekuaan mental, namun juga dapat dimanfaatkan secara berlawanan. Yaitu meningkatkan kemampuan untuk bersantai dan mengembalikan pikiran kepada level normal. Dapat meningkatkan kemampuan mengontrol pikiran untuk relaks. Jadi kita dapat menggeser  untuk melakukan refresh pikiran menjadi fress kembali.

Silakan baca juga artikel berikut :


No comments: