Mengatasi Pusing Ringan

Mengatasi Pusing


"Hallo di, pagi pagi kok lu udah pegang jidat, kenapa, di putus ya sama Rusti" tanya Paimin.
"Diputus gimana, gue pusing min. Rusti minta kawin bulan depan. Biaya dari mana.."Jawab Pardi sambil ketus.


Begitulah yang namanya pusing, dia dapat datang kapan saja menyambangi kepala kita. Tidak punya pacar pusing, punya pacarpun tidak kalah pusing. Dasar pusing.

Pusing ringan yang seperti itu dapat dipicu dari berbagai macam sebab, dari mulai stress karena pekerjaan, kelebihan berat badan, kurang tidur kebanyakan membuat kontak mata sama layar lcd, kecapekan, dehidrasi karena kepanasan, sampai pada hal yang sering kita jumpai, yaitu dikejar-kejar dept collector. Kasus pribadi :D

Ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan saat kita merasakan pusing yang tiba tiba menyerang, sementara kita tidak ada persiapan atau mencoba untuk menghindari pil atau obat medis yang tersedia di apotek.

1. Ambilah tidur yang nyaman.
Carilah tempat dan posisi tidur yang benar benar nyaman bagi tubuh. Lepas dari kebisingan, sirkulasi udara segar yang baik, tempat tidur yang bersih, serta jangan lupa, posisikan tubuh dalam keadaan nyaman. Gunakan bantal yang pas, jangan terlalu tinggi atau rendah.


2. Cari udara segar.
Saat berada dalam ruangan, bergumul dengan banyak tumpukan pekerjaan yang mesti diselesaikan, tekanan dan pengapnya udara dapat menambah ketegangan pada otak. Jika keadaan seperti itu membuat  pusing dan sakit kepala, ada baiknya segera keluar untuk mencari udara segar. Tarik nafas dalam dalam secara perlahan kemudian hembuskan. Biarkan sampai otak anda mendapatkan keadaan fress kembali.

3. Hentikan apapun yang sedang anda kerjakan.
Ini juga dapat anda lakukan saat tiba tiba kepala jadi pusing. Stop melakukan apapun sebentar, sampai semua ketegangan badan kembali normal dan santai. Tunggu hingga pusing hilang.

4. Ambil posisi sujud.
Tindakan seperti sujud ini akan membantu aliran darah menuju otak lebih ringan.

5. Urut kulit kepala dengan jemari.
Sisir rambut anda secara perlahan dengan tujuan mengurut kulit kepala. Lakukan dari bawah ke atas bagian kira dan kanan secara lembut dan ulangi beberapa kali. Ini akan membantu kepala lebih cepat santai dari ketegangan.

6. Ambil makanan dan minuman.
Ambillah makanan dan minuman, usahakan yang mengandung karbohidrat maupun gula. Dalam situasi ini jus buah strowberri atau apel adalah pilihan cocok. Karena penyebab umum dari pusing adalah gula darah rendah.


7. Teh manis hangat suam suam kuku.
Ini adalah tindakan yang biasa saya lakukan saat mengalami pusing dikarenakan kebanyakan menatap layar lcd. Bisa layar monitor pc, hp maupun tv. Buat teh manis hangat,sebelum diminum, tempelkan pada bagian alis kiri dan kanan secara merata. Ulangi tindakan tersebut sampai anda merasa nyaman. Kemudian teh hangat segar tersebut baru diminum.

8. Jemur bantal anda.
Cuci sarung bantal biar bersih dan nyaman, sementara itu jemur bantalnya dibawah sinar matahari. Biarkan bantal kesayangan anda menyerap energi dari matahari di siang hari, untuk disalurkan pada kepala saat anda gunakan di malam harinya. Yang ini merupakan tehnik warisan leluhur, dan terbukti manjur.

No comments: